1. Definisi Tajwid

Tajwid berarti membaguskan, menyempurnakan, dan memantapkan. Menurut istilah, ilmu tajwid adalah ilmu yang berguna untuk mengetahui bagaimana cara memenuhkan/ memberikan hak huruf dan mustahaqnya (sifat yang tampak sewaktu-waktu). Baik yang berkaitan dengan sifat, mad dan sebagainya, seperti tarqiq, dan tafkhim. Jadi ilmu tajwid adalah ilmu yang mempelajari tata cara membaca Alquran dengan baik dan benar.

  1. Makharijul Huruf

Secara bahasa, makhraj adalah tempat keluar, sedangkan menurut istilah, makhraj adalah suatu nama tempat, yang pada tempat tersebut huruf dibentuk (atau diucapkan). Dengan demikian, makhraj huruf adalah tempat keluarnya huruf pada waktu huruf tersebut dibunyikan. 

Pembagian Makhraj Huruf

Menurut Imam Ibnul Jazari, makharijul huruf itu dibagi menjadi 17 makhraj, ke 17 makhraj tersebut berada pada 5 tempat, yaitu:

  • مَوْضِعُ الْجَوْفِ Kelompok Rongga Mulut (1 makhraf huruf)

Huruf yang keluar dari rongga mulut adalah huruf-huruf mad, yakni و- ا – ي

Contoh: نُوْحِيْهَا

  • مَوْضِعُ الْحَلْقِ Kelompok Tenggorokan (3 makhraj huruf)

Huruf yang keluar dari tenggorokan adalah huruf-huruf:

ء- ه- ع- ح- غ- خ

  1. Keluar dari tenggorokan bawah (اَقْصَى اْلحَلْقِ )
  2. Keluar dari teggorokan tengah (الَوسَطُ )
  3. Keluar dari tenggorokan atas (اَدْنَى الْحَلَقِ )
  • مَوْضِعُ اللِّسَانِ Kelompok Lidah (10 makhraj huruf)

Huruf yang keluar dari lidah, yaitu sebagai berikut:

ث- ذ- ص- ز- س- ظ-ت- د- ط- ر- ن- ل- ض- ي- ش- ج- ك- ق  

  1. ق Keluar dari pangkal lidah (dekat tenggorokan) dengan mengangkatnya ke atas langit-langit. Kaidahnya: “Pangkal lidah (dekat anak lidah) bertemu dengan sesuatu di atasnya, yakni langit-langit di atas”.
  2. ك Seperti makhraj qaf namun pangkal lidah diturunkan. Kaidahnya: “Pangkal lidah, yakni sebelah bawah sedikit dari tempat keluar huruf qaf”.
  3. ج- ش – ي Keluar dari tengah lidah bertemu dengan langit-langit. Kaidahnya: “Pertengahan lidah dengan sesuatu yang berada di hadapannya, yakni langit-langit bagian atas”.
  4. ض Keluar dari dua sisi lidah atau salah satunya bertemu dengan gigi geraham. Kaidahnya: “Dua tepi lidah bertemu dengan gigi geraham”.
  5. ل Keluarnya dengan menggerakkan semua lidah dan bertemu dengan ujung langit-langit. Kaidahnya: “Dua tepi lidah (sebelah depan) secara bersamaan, setelah makhraj dhad dengan gusi-gusi atas.
  6. ن Keluarnya dari ujung lidah di bawah makhraj Lam . Kaidahnya: “Ujung lidah, ke bawah sedikit dari makhraj lam”.
  7. ر Keluranya dari ujung lidah, hampir sama seperti dengan memasukkan punggung lidah. Kaidahnya: “Dekat makhraj nun dan masuk pada punggung lidah”.
  8. ط – د – ت Keluar dari ujung lidah yang bertemu dengan gigi bagian atas. Kaidahnya: “Ujung lidah bertemu dengan pangkal gigi seri atas”.
  9. ص – ز – س Keluar dari ujung lidah yang hampir bertemu dengan gigi depan bagian bawah.
  10. ث – ظ – ذ Ujung lidah keluar sedikit, bertemu dengan ujung gigi depan bagian atas. Kaidahnya: “Ujung lidah bertemu dengan ujung gigi seri atas”.
  • مَوْضِعُ االشَّفَتَيْنِ Kelompok Dua bibir (2 makhraj huruf)

Huruf yang keluar dari bibir:

ف – و – ب – م

  1. ف Keluar dari bibir bawah bagian dalam bertemua dengan ujung gigi atas. Kaidahnya: “Perut bibir bawah dirapatkan dengan ujung gigi atas”.
  2. و – ب – م Huruf mim ba’ dengan menempelkan 2 bibir, sedangkan wau dengan memoyongkan bibir. Kaidahnya: “Diantara dua bibir dalam keadaan tertutup”. Dan jika terbuka, keluarlah huruf Kaidahnya: “Diantara dua bibir dalam keadaan terbuka”.
  • مَوْضِعُ الْخَيْشُوْمُ Kelompok Rongga Hidung (1 makhraj huruf)

Huruf yang keluar dari rongga hidung yaitu ghunnah  (dengung). Ghunnah terdapat pada tujuh tempat, yaitu:

  1. Idgham bi Ghunnah
  2. Iqlab
  3. Ikhfa’
  4. Ikhfa syafawi
  5. Idgham Mitslain
  6. Huruf Nun dan Mim Bertasydid baik saat washal (disambung) atau waqaf (berhenti)

Lafaz Irkam Ma’ana (Idgham Mutajanisain)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.